Cara Memasang Pulse Igniter (Pematik Api) Water Heater Tipe Gas
5382-water heater.jpg

Tulisan ini saya buat karena sebelumnya banyak dari pembaca internet yang menanyakan cara memasang pulse igniter (pematik api) yang sebenarnya adalah sesuatu yang mudah. Kenapa saya katakan mudah karena kemungkinan salahnya sangat sedikit. Artinya jika sebelum penggantian Anda terlebih dahulu memperhatikan letak dan konfigurasi kabel dari pematik maka saya jamin Anda tidak akan bingung apalagi salah. Kuncinya adalah perhatikan dulu posisi-posisi kabel!! Jika Anda pelupa atau mudang bingung, buat catatan, kabel warna apa kemana, warna apa kemana.. begitu. Oke langsung ke langkah-langkah pemasangan.. 

 

  1. Lepaskan tombol putar pada penampang depan WH, tombol ini adalah untuk menyetel keluaran gas LPG, untuk mengatur suhu (min – max) dan untuk mengatur aliran air.
  2. Buka baut pengunci bagian bawah, kanan dan kiri.
  3. Angkat casing depan kemudian dengan sedikit terbuka lepaskan socket panel suhu yang terhubung ke casing depan.
  4. Oke WH telah tebuka, Anda bisa melihat bagian dalam yang ternyata adalah kompor gas biasa dengan bentuk yang sedikit unik.
  5. Sekarang anda fokus pada kontroler dengan box warna coklat muda atau putih, yang pasti banyak kabel yang keluar dari sini.
  6. Lepaskan socket thermostat pada pipa bagian kanan atas, jika sulit gunakan obeng negatif – untuk mendorong.
  7. Lepaskan socket battery pada bagian atas battery.
  8. Lepaskan socket magnetic valve, switch air dan kabel ground untuk body. Kabel ground biasanya dibaut, lepaskan dengan obeng positif +
  9. Lepaskan pin pematik, baik pin utama maupun pin tambahan
  10. Pastikan semua kabel telah terlepas.
  11. Lepaskan kontroler (pulse igniter) dengan melepas 2 baut pengait dibagian atas dan bawah.
  12. Tarik dengan hati-hati, jika kabel masih tersangkut jangan dipaksa untuk ditarik dengan kuat. Lepaskan lilitan yang tersangkut baru ditarik.
  13. Siapkan Pulse Igniter (kontroler WH) yang baru. 
  14. Pasang Pulse Igniter (kontroler WH) dengan 2 baut bagian atas dan bawah.
  15. Pasang ground wire dengan baut positif, pastikan terpasang dengan kencang (tidak longgar, karena jika longgar percikan api tidak akan terjadi dengan sempurna)
  16. Pasang socket magnetic valve, socket ini berwarna hitam memiliki 3 kabel dengan warna hitam-hitam-hijau.
  17. Pasang socket switch air, socket ini berwarna putih dengan kabel merah-kuning
  18. Pasang socket battery, socket ini diselubungi karet/plastik tipe socket jepit dengan kabel warna hitam-kuning atau hitam-merah.
  19. Pasang socket thermostat, socket jepit dengan selubung karet/plastik warna kabel hitam-hotam atau putih-putih
  20. Pasang pin pematik utama, pastikan tinggi jarum dengan body negatif tidak terlalu tinggi.
  21. Pasang pin pematik tambahan, ketinggian juga diseragamkan dengan pin utama.


Sampai disini pemasangan sudah selesai, sebelum casing ditutup lebih baik Anda coba terlebih dahulu fungsi dari WH, nyalakan air atau pompa air pendorong atau saklar. Pastikan api menyala. Atur tingkat nyala api dengan tombol putar. Jika panas sudah dirasa cukup, setelan berarti sudah pas.
Selamat mencoba, jika belum berhasil mungkin ada penyebab yang lain. Saya akan bahas pada materi troubleshooting WH. Semoga bermanfaat.

Chania
www.000webhost.com