Cara Membangun Sikap Mental Juara
1123-winner-image.jpg

Sikap mental juara adalah bagaimana sikap kita supaya menang atau ingin mendapatkan sesuatu yang lebih baik dalam setiap langkah kita. Dengan jalan menghargai sekecil apapun prestasi yang kita miliki, dengan begitu kita akan membentuk diri kita bermental juara.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pembentukan sikap mental juara, antara lain menjadikan kita pribadi yang mandiri, cerdas, percaya diri, tidak cepat putus asa, serta menjadi sosok pribadi yang siap dan terbiasa untuk memecahkan masalah.

Untuk membentuk mental juara dibutuhkan 7 sikap antara lain :

2119-ilham-udin-armayin-lariiiiigooolll.jpg

1. Yakin bahwa kesempatan, dukungan dan kemenangan dapat terjadi dimana saja, kapan saja. Kesuksesan tidak akan datang pada orang yang sombong, boros (waktu dan uang) serta menyepelekan hubungan baik dengan orang lain.

Dalam hal kemenangan atau kesuksesan jika dikaitkan dengan konsep sederhana fisika, bahwa sesuatu yang berada dalam kondisi kritis, serius atau fokus maka setiap partikel disekelilingnya bekerja serentak untuk mencapai titik ideal.

2. Kesempatan, dukungan dan kemenangan terjadi ketika kita mau melangkah. Tantangan dan hambatan senantiasa hadir dalam setiap langkah kehidupan. Dukungan kesempatan dan kemenangan terjadi bila kita tidak takut untuk melangkah dan mencoba hal baru, semua berawal dari niat dan kegigihan untuk pantang menyerah.

3. Niat dan kemauan kuat serta sikap kritis akan melahirkan kreatifitas. Salah satu ciri mental juara adalah pioneer (perintis) yang memiliki kreativitas tinggi. Belajar memecahkan masalah yang sulit akan membuat kita semakin cerdas dan kreatif.

4. Fokus pada tujuan hidup. Kita harus memiliki tujuan hidup dan fokus untuk mencapainya, artinya jika kita tahu kemana kita akan pergi maka kita akan menemukan jalan dan segala yang kita butuhkan untuk menuju kesana, dengan demikian proses pencapaian yang kitat jalani memiliki arah yang jelas, tujuan yang jelas.

5. Memiliki impian. Impian atau cita-cita merupakan titik awal sebuah proses pencapaian, milikilah impian dan cita-cita dengan niat, semangat dan tekad yang kuat untuk meraih dan mewujudkan impian dan cita-cita kita.

6. Tekun dan tidak ada kata menyerah dalam meraih kemenangan. Bermental juara berarti siap untuk terus berusaha dan melakukan yang lebih baik dan tidak mengenal kata gagal. Kekalahan hanyalah kemenangan yang tertunda. Terus yakinkan diri bahwa kita selalu dapat berbuat lebih baik dari waktu ke waktu. Kita pantang untuk bebicara “tidak mungkin” segala sesuatu adalah mungkin asal kita berusaha.

7. Kemenangan butuh waktu dan kesabaran. Kemenangan merupakan proses yang tidak didapatkan dalam sekejap. Namun dari ketekunan dan proses panjang yang telah kita lewati pada akhirnya akan ada banyak hasil yang dicapai.

Chania
www.000webhost.com