Cara Menemukan Ide Perbaikan / Improvement Di Tempat Kerja
8356-creative.jpg

Bekerja dengan baik untuk mencapai target yang diberikan adalah hal yang umum di lakukan hampir oleh setiap karyawan, kita terbiasa melakukan sesuatu yang rutin setiap hari, perkerjaan yang sama, cara kerja yang sama, hasil yang sama karena terkadang targetnya pun hampir sama. Sehingga kita terjebak dalam rutinitas yang dalam waktu cepat ataupun lambat akan membawa kejenuhan atau kebosanan.

 

Kebosanan akan membuat kita menjadi tidak produktif, oleh sebab itu kebosanan harus kita lawan, salah satu cara untuk melawan kebosanan adalah dengan memunculkan ide-ide baru, kreatifitas baru sehingga kerja kita lebih mudah, hasil kerja lebih baik dan bahkan dapat melebihi target yang diberikan. Bekerja dengan metode yang baru akan membuat kita menghadapi tantangan baru setidaknya untuk menguji apakah metode tersebut benar atau salah.

 

Banyak orang tidak memiliki ide baru atau kreatifitas baru karena merasa apa yang di lakukan tiap hari sudah merupakan hal yang lumrah, merasa sudah baik atau sudah nyaman dengan keadaan yang ada. Oleh karena itu langkah pertama untuk dapat menemukan ide adalah merasa “terasing” dilingkungan kita sendiri. Kita dapat mengibaratkan bahwa kita adalah seorang astronot yang sedang mendarat di suatu planet, semua yang ada di planet mulai dari debu pasir sampai warna bebatuan akan menjadi hal yang menarik untuk dicermati. Ketika kita merasa pekerjaan kita adalah sesuatu hal yang menarik, maka ide-ide baru akan muncul dengan sendirinya.

 

Kedua, kita dapat mencoba untuk berfikir mengenai pekerjaan kita secara “out side the door”. Kita mencoba mengamati rutinitas kita seolah kita adalah orang lain yang sedang diam berdiri mencermati apa yang kita kerjakan sehari-hari. Dengan begitu pekerjaan-pekerjaan kita yang kurang pas atau tidak efektif dapat kita temukan untuk kita perbaiki dan kita tata ulang sehingga lebih efektif dan lebih bedampak.

 

Ketiga, kita tingkatkan lagi rasa ingin tahu kita tehadap hal-hal baru. Ispirasi ide dapat mucul dari mana saja, ide tidak lah harus murni dari pemikiran kita, namun ide kita dapat berupa suatu turunan dari ide orang lain ditempat yang lain. Kita dapat mencoba untuk berfikir “bisa gak ya hal ini diterapkan ditempatku?” maka selanjutnya kita akan mencoba  untuk menyesuaikan ide tersebut di tempat kita, bagaimana penerapannya dilapangan. Namun tentu saja referensi ide itu dapat kita temukan jika kita banyak pengetahuan mengenai hal-hal baru diluar dari rutinitas kita sehari-hari.

 

Keempat, kita yakinkan lagi bahwa prinsip “untuk hari esok yang lebih baik” adalah sesuatu yang harus kita perjuangkan. Kita pasti ingin bahwa esok hari kita dapat menikmati hasil yang lebih baik dari sekarang entah dalam bentuk uang maupun fasilitas yang kita dapatkan.  Semua itu pasti dapat kita raih jika kita punya usaha untuk meraihnya. Memunculkan ide baru agar cara kerja dan hasil pekerjaan kita lebih baik adalah salah satu usaha agar kita mendapatkan reward atau penghargaan atas ide yang kita terapkan. Mungkin reward itu tidak serta merta mengikuti perbaikan yang kita lakukan namun yakinlah ketika kita punya sesuatu yang lebih dari pada orang lain dengan ide-ide kita, maka secara otomatis “nilai diri” kita adalah lebih dari yang lain sehingga cepat atau lambat, ditempat yang sekarang atau ditempat yang lain, kita pasti akan mendapatkan nilai lebih atas diri kita tersebut.

 

Selamat mencari ide baru, selamat mencoba hal baru dan selamat menikmati hasilnya.

Chania
   49
 
gmbr
Cinque Terre

img img img img
img
img
www.000webhost.com