Cara Bersikap Jujur Pada Orang Lain
9476-20141014_045200_anak-curhat-orangtua.jpg

Tidak ada yang menyukai kebohongan. Tetapi, sayangnya, bersikap tidak jujur kepada orang lain dan diri kita sendiri terkadang lebih mudah untuk dilakukan, daripada harus mengatakan yang sebenarnya. Meskipun demikian, berbohong tetaplah bukan cara yang terbaik. Belajar bersikap jujur dan menghilangkan keinginan untuk berkata bohong dapat membantu membersihkan hati nurani anda dan memelihara hubungan dengan sesama. Melakukan sedikit perubahan pada perspektif anda dan arahkan diri anda kepada kejujuran dapat membantu anda untuk menghilangkan keinginan untuk berkata bohong dan membuat anda lebih tertarik untuk mengatakan yang sejujurnya


Mencari tahu mengapa anda berbohong dan kepada siapa anda berbohong. Kita semua pasti pernah berbohong, kepada banyak orang yang berbeda, kepada diri kita sendiri, dan untuk alasan yang berbeda-beda. Tetapi tiba-tiba membuat suatu rencana yang sistematis untuk menjadi lebih jujur akan sulit untuk dilakukan, kecuali anda mencoba untuk menemukan alasan mengapa kita berbohong dan kepada siapa kita berbohong, demi kebaikan diri kita sendiri.

 

Mengantisipasi perilaku yang akan membuat anda merasa bersalah. Untuk memutus rantai kebohongan dan rasa malu, penting untuk belajar mengantisipasi hal-hal yang dapat membuat anda merasa bersalah dimasa depan, serta belajar untuk menghindari perilaku tersebut. Ketika anda berbohong, anda menutupi sebuah kebenaran yang tidak menyenangkan, yang lebih mudah diutarakan oleh sebuah kebohongan. Anda juga dapat membiasakan diri untuk mengatakan yang sebenarnya, atau meninggalkan perilaku buruk yang membuat anda malu.

 

Berhenti membandingkan diri anda dengan orang lain. Terkadang kita berbohong untuk membuat diri kita terlihat lebih hebat dan lebih baik dari yang sebenarnya. Karena kita terus bersaing dan membandingkan diri kita dengan orang lain, setiap kekurangan memang paling mudah untuk ditutupi dengan kebohongan yang cepat dan kreatif. Jika anda berhenti bersaing dengan orang lain dan memberikan diri anda nilai yang pantas, anda tidak akan merasa perlu untuk berbohong demi membesarkan diri anda. Anda sudah hebat!

 

Menerima konsekuensi dan memutuskan untuk menghadapinya. Terkadang, lebih baik untuk mengakui kebohongan, penipuan, dan perilaku memalukan lain yang anda pernah lakukan, daripada melanjutkan kebohongan anda menjadi lebih rumit. Hidup benar akan dapat sangat membebaskan dan menyehatkan untuk hidup anda. Walaupun jika nantinya akan ada konsekuensi dari pengakuan yang anda berikan, namun itu akan menjadi konsekuensi yang sejujurnya memang layak untuk anda dapatkan.

 

Melakukan hal-hal yang membuat anda bangga. Anda tidak perlu berbohong jika anda merasa bersyukur dengan diri anda sendiri! Mengisi diri anda dengan memperhatikan, memahami orang-orang yang menghargai anda apa adanya. Melakukan hal-hal yang memberi anda kesenangan dan membuat anda bangga akan diri anda sendiri.

 

Jadilah bijaksana. Setiap orang menyukai seseorang yang selalu mengutarakan pendapatnya secara langsung, namun terkadang tujuan orang tersebut dapat disalahartikan oleh orang-orang yang mendengarnya. Mempertimbangkan dampak dari perkataan anda dan belajar menghindari kata-kata yang kemungkinan dapat menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain. Belajar untuk menyampaikan pendapat dengan cara yang lebih sopan.

Chania
   7
 
gmbr
Cinque Terre

img img img img
img
img
www.000webhost.com