Cara Menyatukan Ketidaksempurnaan
628-team1.jpg

Banyak diantara kita berfikir sulit untuk berhubungan dengan orang lain. Jagankan dengan rekan kerja kita, dengan  pasangan kitapun kadang kita merasa sulit menjalin hubungan yang baik. Disini kami akan berbagi sedikit tips mengenai  menjalin hubungan yang langgeng meski banyak ketidaksepurnaan diantara kita.. dan tentunya semoga menjadikan hubungan kita menjadi lebih harmonis. Baik kita mulai dari tips pertama:

 

Hindari rasa cemburu

Anda dapat merasakan cemburu, entah cemburu bahwa gaji teman Anda lebih tinggi dari Anda, cemburu jika tugas Anda lebih banyak dibanding tugas orang lain, bisa juga Anda cembur u jika teman Anda di puji dan Anda tidak, dsb. Cemburu adalah yang wajar dimiliki oleh setiap orang, hanya saja Anda perlu membatasi rasa cemburu Anda, jangan terlalu berlebihan karena bisa menghambat hubungan Anda dan rekan kerja Anda.  Cara menghindari rasa cemburu ini paling ampuh adalah mensyukuri anugrah yang telah diterima saat ini.

 

Tidak mengungkit Kesalahan Masa lalu

Mengungkit masa lalu berarti ada dua hal yang akan anda dapatkan. Pertama, hal yang positif dan kedua adalah hal yang negatif.  Hal positif dari mengungkit masa lalu adalah untuk belajar dari masa lalu untuk dievaluasi dan mengembangkannya. Masa lalu dapat menjadi pelajaran yang sangat bermanfaat untuk masa depan. Sedangkan hal negatif dari mengungkit masa lalu adalah untuk mengingat kisah lama, dan saling menyalahkan. Dan pilihan pertamalah yang lebih baik kita bangun ketika melihat masa lalu yaitu, melihat kebelakang  dan mengamati kesalahan-kesalahan yang kita lakukan selama bekerja, mengevaluasi dengan teknik dan cara terbaik memperbaiki jika terjadi kesalahan serupa, dan terakhir melakukan hasil evaluasi tersebut untuk melangkah ke depan.

 

Saling percaya

Kita sadar bahwa rekan kerja kita tidak sempurna, banyak kekurangan, dan menyatukan kepercayaan hati dan pikiran kita tidaklah mudah, namun memberikan kerpercayaan itu adalah suatu hal yang harus dilakukan. Dengan mencoba percaya kepada rekan kerja kita disitulah kekuatan  dan kemantapan akan rekan kerja akan tumbuh. Bagi yang diberi kepercayaan agar menjaga kepercayaan dari orang lain. Karena sekali merusak kepercayaan anda akan sangat sulit untuk dipercaya kembali.

 

Komunikasi

Dalam mengerti mengenai rekan kerja, anda harus banyak komunikasi dengannya. Dan ini penting untuk menjaga hubungan anda tetap harmonis. Menjalin komunikasi dengan rekan kerja dapat anda lakukan dalam situasi formal maupun non formal. Tidak melulu mengenai topik pekerjaan, dapat juga topik dengan hal-hal yang ringan seperti, membicarakan pertandingan sepak bola, lomba-lomba yang diadakan oleh perusahaan, rencana masa depan dan keinginan Anda terhadap sesuatu, dsb.

 

Saling Mendengarkan

Dengan sikap saling memahami dan mendengarkan, akan saling mengerti isi hati, cara pandang, misi-misi rekan kerja kita, dan itu bisa memperkuat keharmonisan dengan rekan kerja kita. Tidak mudah mendengarkan orang lain. Ketika orang lain sedang berbicara sering kali kita sangat sulit untuk menahan diri kita agar tidak memotong pembicaraan kita. Padahal mendengarkan seutuhnya adalah kunci dari makna pembicaraan agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kurang nyaman dari orang yang kita dengarkan. Untuk itu dengarkanlah seutuhnya lawan bicara kita dan tanggapi setelah lawan bicara kita merasa cukup mengungkapkan informasi

 

Sadari ketidaksempurnaan

Semua orang tidak ada yang sempurna, ada rekan kerja anda yang ahli di bidang A tetapi di bidang B dia lemah, lain lagi rekan kerja yang satunya ahli di bidang B tetapi di bisang A dia lemah. Dihadapkan dengan situasi seperti ini, kadang kita merasa tidak nyaman dan mengharapkan kesempurnaan bahwa rekan kerja harus ahli semuanya. namun sadarilah bahwa rekan kerja anda adalah kesempurnaan dalam pekerjaan anda. Berikan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian masing-masing dan bimbinglah rekan kerja anda untuk ahli di bidang yang lain. Dampaknya  ketika anda bersama rekan anda, anda akan merasa nyaman, dan bekerja dengan hati yang bahagia.

 

Saling komitmen

Anda dan rekan kerja lakukanlah komitmen, dimana komitmen ini benar-benar dari hati. Saat anda mengucapkan komitmen untuk bekerja dan memberikan yang terbaik dalam bekerja, maka hal ini akan memaksimalkan potensi yang anda dan rekan kerja miliki.

 

 

Chania
   87
 
gmbr
Cinque Terre

img img img img
img
img