Cara Membangun Team Work Di Dalam Organisasi
19-ants-collecting-seeds-stock-teamwork-team-31802889.jpg

Team work bisa diartikan kerja tim atau kerjasama. Teamwork atau kerjasama tim merupakan bentuk kerja kelo pok dengan ketrampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien.

 

Harus disadari bahwa teamwork merupakan peleburan berbagai pribadi yang menjadi satu pribadi untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan tersebut bukanlah tujuan pribadi, bukan tujuan ketua tim, bukan pula tujuan dari pribadi yang paling popular di tim. Dalam sebuah tim yang dibutuhkan adalah kemauan untuk saling bergandengan tangan menyelesaikan pekerjaan. Bisa jadi satu orang tidak menyelesaikan pekerjaan atau tidak ahli dalam pekerjaan tertentu, namun dapat dikerjakan oleh anggota tim lainnya. Inilah yang dimaksud dengan kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama.

 

Saling mengerti dan mendukung satu sama lain merupakan kunci kesuksesan dari teamwork. Jangan pernah mengabaikan pengertian dan dukungan ini. Meskipun terjadi perselisihan antar pribadi, namun dalam tim harus segera menyingkirkannya terlebih dahulu. Bila tidak kehidupan dalam tim jelas akan terganggu, bahkan dalam satu tim bisa jadi berasal dari latar belakang divisi yang berbeda yang terkadang menyimpan pula perselisihan. Makanya sangat penting untuk menyadari bahwa kebersamaan sebagai anggota tim di atas segalanya.

 

Sementara untuk membentuk dan membangun teamwork yang solid, tentu tidak semudah kita membalikkan telapak tangan, teamwork yang solid akan menciptakan hasil yang maksimal dalam suatu tim tersebut. Ada beberapa poin penting yang harus diketahui atau perlu dimengerti demi kebersamaan dalam sebuah teamwork yang baik, yaitu :

 

  1. Teamwork adalah kerjasama dalam tim yang biasanya dibentuk dari beragam divisi dan kepentingan.
  2. Sama-sama bekerja bukanlah teamwork, itu adalah kerja individual.
  3. Filosofi teamwork : “saya mengerjakan apa yang anda tidak bisa dan anda mengerjakan apa yang saya tidak bisa”.
  4. Ketika berada dalam teamwork, segala ego pribadi, sektoral, departemen harus disingkirkan.
  5. Dalam teamwork yang dikejar untuk dicapai adalah target bersama, bukan individual.
  6. Keragaman individual dalam teamwork memang sebuah nilai plus namun bisa menjadi minus jika tidak ada saling pengertian.
  7. Saling pengertian terhadap karakter masing-masing anggota team akan menjadi modal sukses bersama
  8. Jika setiap orang bekerjasama melalui bidang masing-masing, target perusahaan pasti akan segera terealisasi.

 

3 ATURAN DASAR KERJA TIM

Setiap melakukan wawancara kerja, biasanya Anda akan ditanyakan, “bisakah bekerjasama dalam tim?”. Ini bukan pertanyaan biasa, karena banyak perusahaan yang memerlukan kerja sama tim yang solid untuk bisa meraih tujuan atau menghasilkan output pekerjaan yang maksimal. Setidaknya ada tiga aturan mendasar saat Anda bekerjasama dalam tim.

 

1. Fokus pada tujuan bersama

Dalam kerjasama tim, yang terpenting adalah tujuan bersama yang hendak dicapai, bukan hanya keuntungan pribadi. Tidak perlu menjegal anggota tim yang lain untuk sekedar membuat diri anda “bersinar”, karena kerugian satu anggota justru akan membawa kerugian dalam tim. Inti dari kerjasama tim adalah bagaimana anda bisa saling membantu untuk kepentingan bersama. Apabila berhasil, masing-masing anggota juga akan merasakan kesuksesan tersebut.

 

2. Terbuka pada setiap ide

Jangan hanya menjadi orang yang selalu melempar ide dan memberi pendapat, tapi juga dengarkan saran dan kritik dari orang lain. Selalu bersikap terbuka adalah kunci bekerja dalam tim dan cara ini akan membuat masing-masing anggota merasa dirinya dihargai. Dengan membuat suasana bekerja yang saling menghargai, otomatis akan membuat tiap anggota merasa termotivasi untuk meraih tujuan.

 

3. Tahu tanggung jawab masing-masing

Meski bernama “kerjasama dalam tim” bukan berarti anda lepas dari tanggung jawab masing-masing. Biasanya untuk memudahkan meraih tujuan, setiap anggota diberikan kewajiban yang berbeda. Selesaikan tanggung jawab dan pekerjaan anda sebaik-baiknya. Untuk memudahkan anggota tim lain untuk mengerjakan tugas mereka. Jika anda sudah selesai dengan tanggung jawab sendiri, jangan segan juga membantu anggota tim yang membutuhkan.

Chania
www.000webhost.com