Cara Mengasah Kecerdasan Emosi
7602-emotion_icons_shapes_powerpoint_template_0910_title1.jpg

Siapapun bisa marah, marah itu mudah. Tetapi, marah pada orang yang tepat, dengan kadar yang sesuai, pada waktu yang tepat, demi tujuan yang benar dan dengan cara yang baik, bukanlah hal yang mudah. Mampu menguasai emosi, seringkali orang menganggap remeh pada masalah ini. Padahal, kecerdasan otak saja tidak cukup menghantarkan seseorang mencapai kesuksesan. Justru, pengendalian emosi yang baik menjadi factor penting penentu kesuksesan hidup seseorang. Kecerdasan emosi adalah sebuah gambaran mental dari seseorang yang cerdas dalam menganalisa, merencanakan dan menyelelesaikan masalah, mulai dari yang ringan hingga kompleks. Dengan kecerdasan ini, seseorang bisa memahami, mengenal dan memilih kualitas mereka sebagai insane manusia.

 

Kecerdasan emosi memberikan seseorang keteguhan untuk bangkit dari kegagalan. Juga mendatangkan kekuatan pada seseorang untuk berani menghadapi ketakutan. Tidak sama halnya seperti kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosi hadir pada setiap orang dan bisa dikembangkan. Berikut beberapa tips bagaimana cara mengasah kecerdasan emosi :

 

1. Selalu hidup dengan keberanian

Latihan dan berani mencoba hal-hal baru akan memberikan beragam pengalaman dan membuka pikiran dengan berbagai kemungkinan lain dalam hidup

 

2. Selalu bertanggungjawab dalam segala hal

Ini akan menjadi jalan untuk bisa mendapatkan kepercayaan orang lain dan mengendalikan kita untuk tidak mudah menyerah. Kematangan dan kecerdasan emosi memungkinkan kita akan naik ke level yang lebih tinggi dengan tingkat tanggungjawab dua kali lebih besar. Kepercayaan akan berlipat diberikan kepada kita.

 

3. Berani keluar dari zona nyaman

Pada umumnya orang ingin ada dalam wilayah nyaman. Bila benar-benar ia ada dalam wilayah itu, maka sangat sulit untuk keluar. Ia akan berusaha denganberbagai cara mempertahankannya. Namun bagi orang yang punya kecerdasan emosi, zona nyaman bukan menjadi penjara baginya. Kendatipun secara manusia, ia suka dengan kondisi itu, tetapi ia tidak membiarkan diri dibius oleh suasana itu. Mencoba keluar dari zona nyaman akan membuat kita bisa mengeksplorasi banyak hal.

 

4. Mengenali rasa takut dan mencoba untuk menghadapinya

Takut, semua orang mengalaminya. Frekuensinya pun berbeda dari orang yang satu dengan lainnya. Pemicunya pun beragam, baik dari dalam diri maupun dari luar. Karenanya penting untuk mengenal pemicu rasa takut, lalu menghadapi dan mengatasinya. Melakukan hal ini akan membangun rasa percaya diri dan dapat menjadi jaminan bahwa segala sesuatu pasti ada solusinya.

 

5. Bersikap rendah hati

Salah satu tanda kerendahan hati ialah berani mengakui kesalahan. Bila kita salah, akui dan minta maaf. Mau mengakui kesalahan dalam hidup justru dapat meningkatkan harga diri kita.

 

Jadi kuasailah diri dan emosi kita, karena mengendalikan diri dan emosi merupakan salah satu factor penting yang bisa mengarahkan kita menuju sukses dan juga menikmati dinamika kehidupan.

Chania
www.000webhost.com