Cara Memilih Kriteria Pemimpin Sejati Untuk Indonesia
4555-bendera.jpg

Banyak dari kita yang berharap bahwa sistem demokrasi yang kita anut akan melahirkan pemimpin sejati untuk bangsa dan negara ini, setidaknya untuk masa kepemimpinan 5 tahun yang akan datang. Beberapa orang mengumpamakan pemimpin sejati sebagai Satrio Piningit, Satrio adalah kesatria, seorang petarung sejati penegak kebenaran, keadilan dan pembela rakyat kecil. Piningit adalah sifat yang memigit diri artinya tidak sesumbar, tidak sombong dan selalu rendah hati. Kedua kriteria ini memang sesuatu yang harus dimiliki seorang pemimpin, namun sebagai pemimpin bangsa dan negara pada masa sekarang tampaknya kriteria pemimpin sejati menjadi lebih kompleks, lantas apa sajakah kriteria pemimpin sejati? Berikut adalah beberapa kriteria pemimpin sejati.

 

Pemimpin harus dapat menjadi teladan dan panutan, pemimpin harus dapat memberikan contoh wujud kerja nyata kepada anak buahnya, apa yang dilakukan dan dikerjakan adalah inspirasi bagi anak buah untuk melayani masyarakat dan mengabdi pada bangsa dan negara.

 

Pemimpin harus jujur dan dapat dipercaya, lurus antara perkataan dan perbuatan, memiliki keinginan kuat untuk menegakkan hukum secara adil dan bijaksana, dan bertekad untuk memberantas korupsi pada setiap lini pemerintahan.

 

Pemimpin harus berwawasan luas baik secara nasional maupun internasional, memiliki komitment untuk memeratakan kesejahteraan rakyat, mengentaskan kemiskinan, memajukan pendidikan dan memberikan layanan kesehatan murah untuk semua rakyat.

 

Pemimpin harus berani, berani melakukan terobosan baru, metode baru untuk mempercepat pembangunan bangsa, menjaga kestabilan pangan, ketersediaan energi dan sumber daya alam untuk kemakmuran rakyat

 

Pemimpin harus mau turun ke rakyat, mendengarkan keluhan dan melihat secara langsung kondisi dilapangan, serta mampu untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut dengan suatu tindakan nyata.

 

Pemimpin  sejati adalah orang yang taat beragama, menjalankan ibadah secara konsisten dan mau menghargai keyakinan orang lain dan menghormati keberagaman.

Chania
www.000webhost.com