Cara Berkenalan Saat Pertama Masuk Kerja
6669-Cara berkenalan saat pertama masuk kerja pict1.jpg

Mendapatkan pekerjaan adalah hal yang sangat menggembirakan, apalagi jika perusahaan yang menerima kita adalah perusahaan besar yang menjadi favorit banyak lulusan kampus. Setelah menjalani sekian banyak test yang dilakukan oleh HRD perusahaan akhirnya kita dinyatakan diterima. Namun apa yang musti kita lakukan saat pertama mulai memasuki kantor, jangan sampai salah langkah, karena ibarat ungkapan “Kesan pertama begitu...selanjutnya terserah Anda”. Jika kesan pertama bagus, sudah pasti selanjutnya akan lancar jaya. Namun jika kesan pertama sudah buruk, selanjutnya pasti tebing yang terjal.

 

Lantas apa yang musti dilakukan agar bisa memberikan kesan pertama yang baik? Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan :

6669-Cara berkenalan saat pertama masuk kerja pict2.jpg

1. Pikirkan dengan matang, apa nama panggilan yang akan kita gunakan dikantor baru.

Dari sekian panjang nama kita, biasanya nama panggilan bisa beragam, dulu waktu kecil dipanggil apa, setelah SMA dipanggil apa dan ketika kuliah dipanggil apa. Bisa dipanggil nama depan, nama tengah juga bisa nama belakang. Nah saatnya kita pikirkan dengan matang, apa nama panggilan yang paling bagus yang akan kita gunakan dikantor baru. Hal ini sesuatu yang sederhana, namun jarang dipersiapkan sehingga terkadang orang jadi salah memanggil kita. Syukur jika panggilannya baik, jika dipanggil sesuatu yang kita kurang sreg, nanti kita justru tidak nyaman dikantor. Setelah memutuskan satu nama panggilan, jangan lupa gunakan nama itu untuk perkenalan perdana kita dikantor besok.

 

2. Gunakan pakaian sebaik mungkin, jangan terlalu mencolok

Jika Anda adalah perempuan dan suka berdandan serta memakai perhiasan yang cukup mencolok baik ditangan maupun dileher. Tahan diri Anda, usahakan untuk 1 bulan awal dikantor ini Anda tidak menggunakan semua itu, gunakan yang paling luwes namun tetap nyaman. Gunakan pakaian yang paling nyaman, bukan yang paling mewah, alangkah beruntung jika kantor menyediakan seragam untuk karyawan, itu akan jauh memudahkan kita.

3. Persiapkan beberapa kata pembuka, dan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan pokok.

Kata pembuka yang paling cocok untuk kita gunakan saat perkenalan awal akan membuat kita nyaman untuk bercakan-cakap selanjutnya. Contoh kalimat pembuka adalah “Hai, nama saya...salam kenal” atau “Halo, saya Indri karyawan baru di Dept Accounting”. Ada perusahaan yang memberikan waktu khusus untuk perkenalan diri karyawan baru, biasanya setelah selesai briefing atau sebelumnya. Usahakan kita tidak grogi dalam memperkenalkan diri, dan tentu bisa memberikan kesan yang baik untuk rekan-rekan dikantor.

Biasanya anak baru akan di tanya pertanyaan-pertanyaan dasar, siapkan jawabannya. Lulusan dari kampus mana? Jurusan? Alamat rumah? Status?, dll.

 

4. Jika Anda pria mulailah berteman dengan pria, jika Anda wanita mulailah berteman dengan wanita.

Dikantor baru mungkin Anda akan mendapati wanita yang cantik atau pria guanteng yang bisa meluluhkan hati Anda saat pertama berjumpa, eitss..tunggu dulu, untuk menjaga hubungan baik silahkan kesan “naksir” itu di tutupi sebaik mungkin.

 

Selamat memulai berkerja, sukses untuk Anda ditempat kerja yang baru

Chania
www.000webhost.com