Cara Awet Muda : Jangan Berhenti Belajar
5825-oldman.png

Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young. The greatest thing in life is to keep your mind young – Henry Ford –

 

Siapapun yang berhenti belajar maka dia akan menjadi tua, apakah berumur 20 tahun ataukah 80 tahun. Siapapun yang terus belajar maka akan selalu menjadi muda. Hal yang paling luar biasa dalam hidup ini adalah terus menjaga akar pikiran kita tetap muda.

 

Kata ini sangat cocok untuk kita jadikan bahan instropeksi, apakah kita termasuk orang yang masih muda ataukah orang yang sudah tua, tanyakan pada diri kita apakah kita masih sering belajar atau jangan-jangan kita sudah tidak pernah mempelajari hal yang baru sama sekali, artinya ilmu yang ada dalam pikiran kita adalah ilmu lama yang mungkin sudah tidak cocok dengan kondisi saat ini, sehingga tindakan kitapun bisa jadi tindakan lama yang tidak sesuai lagi dengan kebutuhan saat ini, namun sering kali kita paksakan.

 

Salah satu ciri orang dengan pikiran yang sudah tua adalah dia akan lebih sering mengutarakan masa lalunya dari pada membicarakan tentang masa depan, kata-kata yang banyak diucapkan adalah “Dulu tu aku pakai cara begini bisa kok...” atau “Dulu aja gak apa-apa kok...”. Seakan-akan semua yang dilakukan dahulu merupakan cara yang terbaik sehingga tidak perlu diubah atau diperbaiki. Padahal salah satu tanda kegilaan adalah melakukan hal yang sama terus-menerus namun mengharapkan hasil yang berbeda.

 

Mengubah pemikiran lama dan tindakan lama bukanlah sesuatu yang mudah, namun hal itu pasti akan jauh lebih sulit jika tidak ada hal baru yang kita pelajari. Pengalaman memang sesuatu yang sangat berharga, namun wujud nyata dari pengalaman harus dapat kita sesuaikan dengan tuntutan perkembangan jaman. Orang yang hanya berbekal pengalaman masa lalu biasanya akan kaku, sementara orang yang punya pengalaman dibarengi dengan semangat terus belajar biasanya akan kreatif dan terus berkembang. Oleh karena itu, mempelajari hal baru adalah suatu kebutuhan, bukan karena kita bodoh namun karena kita butuh untuk terus berkembang.

 

7476-directory-learning-280x240.jpg

Belajar tidak mesti dengan sekolah, kuliah atau mengikuti pelatihan khusus, belajar bisa kita lakukan dimana saja dan kapan saja, yang pasti belajar harus menambah wawasan kita atau ilmu kita, belajar harus membuat pengetahuan kita bertambah, dulunya kita tidak mengerti kemudian kita menjadi mengerti, dulu kita tidak bisa sekarang kita menjadi bisa, dan seterusnya.

 

Salah satu hambatan terbesar kita untuk belajar adalah rasa nyaman dengan kondisi saat ini, banyak orang yang sudah puas dengan keadaan sekarang sehingga buat apa belajar lagi, toh yang kita kerjakan itu-itu juga. Rasa puas akan membuat mental block (hambatan mental) yang menyelubungi pikiran seseorang, setiap ada gagasan baru atau ide baru akan segera diabaikan atau bahkan dibantah. Sehingga hal pertama yang harus kita hilangkan adalah hambatan mental ini, rasa puas dan rasa nyaman dengan kondisi sekarang harus segera kita runtuhkan. Jangan pernah puas dengan apa yang sudah kita dapatkan, teruslah memacu diri untuk menggapai yang lebih tinggi dengan begitu kita akan terus bersemangat mempelajari hal baru, membuat ide baru dan melakukan metode yang baru.

 

Mari kita biasakan diri kita untuk terus belajar, jangan pernah terpancang dengan umur kita saat ini, umur boleh tua, namun pemikiran kita harus selalu muda, biasakan untuk tertarik dengan ilmu terbaru yang sedang berkembang mungkin manfaatnya tidak bisa dirasakan saat ini, namun suatu saat nanti pasti akan berguna. Membaca buku juga merupakan cara yang sangat baik untuk menambah wawasan kita, jika kita merasa keberatan dengan harga buku yang mahal maka kita dapan pinjam ke teman atau datang ke perpustakaan, jika ingin buku yang lebih baru lagi kita bisa nongkrong di toko buku besar kemudian kita baca-baca disana sepuas kita, tanpa harus membeli kita sudah dapat ilmu.

 

Ketika kita ngobrol dengan seseorang hindari bercerita tentang kebiasaan-kebiasaan dahulu, cerita-cerita lama yang usang dan tidak ada kaitannya dengan kondisi saat ini. Bicarakanlah tentang masa depan, gagasan dan konsep tentang hari esok yang lebih baik, maka niscaya pikiran kita akan selalu muda bahkan ketika usia kita sudah tua.

Chania
   175
 
gmbr
Cinque Terre

img img img img
img
img