Cara Menjaga Kesehatan Saat Kerja Lembur Sampai Pagi
9681-Business-Spring-Clean.jpg

Sebagai seorang pekerja keras, kita sering kali harus menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam. Bahkan terkadang kita mendengar beberapa teman kita harus “rela” tidur di kantor karena tidak punya cukup waktu untuk pulang kerumah kemudian pagi harus sudah berada di kantor lagi. Namun kejar dead line yang kita lakukan dengan kerja lembur tidak lantas membuat kita mengesampingkan kesehatan tubuh kita. Jangan sampai setelah kita lembur kita lantas opname di Rumah Sakit untuk memulihkan tubuh kita. Nah berikut adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan dikala kerja lembur harus kita lakukan :

1. Siapkan Air Putih Dan Madu

Kerja lembur tentu saja sangat menguras stamina dan energy kita, sedangkan cadangan energy dalam tubuh ini pasti akan semakin menipis. Oleh karenanya minum air putih dan madu sangat membantu menjaga stamina saat kerja lembur. Siapkan sebelum lembur dimulai. Anda juga bisa menggantinya dengan wedang Jahe agar badan terasa lebih hangat saat melakukan aktifitas malam hari,bisa juga dicampur dengan madu.

2. Minum Telur Setengah Matang

Minum telur setengah matang sangatlah membantu agar stamina kita tidak drop saat bangun dipagi hari. Kandungan gizi dalam telur dipercaya sebagai penguat stamina..Agar lebih terasa biasanya dicampur  dengan bubuk merica plus sedikit garam agar rasanya tidak hambar. Gunakan telur ayam kampong saja, telur Ayam Ras banyak mengandung konsentrat dan obat-obatan yang bercampur dengan banyak bahan kimia yang tidak menyehatkan

 3. Lakukan Relaksasi atau Senam Ringan

Ketika kerja lembur tentu saja badan capek dan pegal-pegal pasti terasa, lakukan istirahat sebentar lakukan olah-raga ringan, seperti “ngelur boyok“,  menggerak-gerakkan kepala, pergelangan tangan atau kaki. Gerakan –gerakan ringan ini tentunya akan memberikan relaksasi tersendiri bagi tubuh kita. setelah fresh lanjutkan lagi kegiatan lembur kita.

4. Hindari Minum Kopi Ganti Dengan Air Putih.

Ini yang cukup sulit, akan tetapi bagi anda yang memang pecandu kopi sebaiknya kurangi minum kopi saat kerja lembur. Kafein dalam kopi kurang baik dikonsumsi secara berlebihan. Meskipun minuman tersebut terbukti cukup efektif menjaga ritme jantung sepanjang malam namun jika dalam dosis berlebih bisa membuat jantung kurang sehat karena terlalu dipacu

5.Jika Anda Perokok, Jangan Lebih Dari 3 Batang

Memang sangat asyik malam hari saat kita kerja lembur ditemani kopi ama rokok,dokter manapun akan mengatakan bahwa rokok ini bukan kebiasaan yang baik bahkan bisa menimbulkan banyak penyakit. Suhu dingin akan membuat apa yang terbentuk dari gas dengan cepat menggumpal, Penyerapan terhadap nikotin dan Tar akan meningkat,karena asap yang anda hisap tadi banyak yang turun atau masuk keparu-paru.

6. Gunakan Sebagai Penghangat Tubuh Anda Minyak Kayu Putih Atau Minyak Telon

Kedengarannya memang seperti bayi, akan tetapi ini sangat membantu menjaga stamina kita saat kerja lembur. Badan kita terasa hangat juga otak kitapun terkena relaksasi dengan aroma teraphy yang ditimbulkan wangi minyak kayu putih dan minyak telon.

7. Di Pagi Hari Jangan Langsung Mandi Setelah Kerja Lembur

Badan kita yang kurang istirahat tentunya kondisi internalnya sangat panas, Anda bisa bayangkan jika tubuh sedang panas langsung diguyur dengan air dingin, minimal Anda akan terkena flu. Setelah kerja lembur usahakanlah tidur sebelum Anda mandi, Tapi kalau hari itu merupakan hari libur disarankan untuk “ bayar hutang tidur” anda.

Chania
   39
 
gmbr
Cinque Terre

img img img img
img
img
www.000webhost.com