Cara Menggali Potensi Diri
517-human-potential-1.jpg

Prestasi diri adalah hasil dari usaha yang dicapai dari segala utasah yang dilakukan dan merupakan puncak dari pengembangan potensi diri baik karena hasil belajar, bekerja atau berlatih ketrampilan dalam bidang tertentu. Berprestasi dapat dilakukan diberbagai aspek kehidupan, antara lain aspek politik, aspek sosial ekonomi, aspek sosial budaya dan aspek pendidikan.

 

Anda dapat berprestasi dan menjadi sukses ketika mampu mengubah potensi dalam diri menjadi kompetensi yang diharapkan. Potensi dapat diartikan sebagai kemampuan, kekuatan baik yang belum terwujud maupun yang sudah terwujud yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau diperlukan secara maksimal (Wikipedia).

 

Pengertian tersebut dapat dipahami bahwa potensi merupakan suatu kekuatan (daya) yang dimiliki oleh manusia. Tetapi belum dipergunakan dengan optimal sehingga kewajibannya adalah bagaimana mendayagunakan potensi yang ada dalam diri kita menjadi kompetensi untuk meraih prestasi seperti yang diinginkan. Dengan menyadari pengembangan potensi inilah, manusia dituntut untuk kreatif dan berprestasi menciptakan sarana dan prasarana guna mendukung keoptimalan pengembangan potensi masyarakat dan warganegaranya.

 

Menggali potensi diri dapat dilakukan secara interen dan eksteren

Faktor Interen atau faktor yang berasal dari dalam diri kita sendiri. Cara mengenali potensi diri dilihat dari faktor interen dapat dicapai dengan hal-hal berikut :

  1. Memiliki informasi yang lengkap tentang diri kita sendiri.
  2. Memahami kemampuan atau kelebihan-kelebihan yang kita miliki.

Selanjutnya setelah mengetahui utuh siapa diri kita dan mempercayai apa yang diberikan tuhan berupa bakat pada diri kira, kewajiban kita adalah mengasah potensi yang kita miliki. Potensi diri tersebut dapat menjadi potensi yang kita banggakan.

Faktor Eksteren atau faktor yang berasal dari luar diri kita. Cara mengenali potensi diri dilihat dari faktor eksteren dapat dicapai dengan hal-hal berikut :

  1. Kita perlu menguji coba kemampuan diri kita dengan mengikuti perlombaan-perlombaan yang ada disekitar kita.
  2. Menguji atau mengukur kemampuan dan bakat kita kepada pada ahli yang berkompeten dibidangnya.

Chania
www.000webhost.com