Cara Meningkatkan Kualitas Kerja
8811-Übung_Northern_Coast.jpg

Berbicara tentang berubah atau punah, pastinya kita tidak ingin punah namun kita juga harus berubah mengikuti perkembangan jaman. Lalu apa yang harus kita tingkatkan supaya tidak punah? “KUALITAS”

 

Apakah Anda dengan tenang dapat melakukan terjun payung atau parasut menggunakan payung dan peralatan yang dikemas oleh rekan kerja kita? Atau beranikah Anda memastikan, serta memberikan Personal Guarantee atas payung yang akan dipakai rekan Anda untuk terjun payung? Kebanyakan penerjun payung itu sendiri akan mengepak bahkan mengecek (beberapa kali) payung yang akan dipakainya.

 

Bila tiap individu dalam organisasi ibarat petugas yang menyiapkan parasut, dapat dipercaya serta berani memberikan jaminan kualitas efektivitas kerjanya; dapat dibayangkan, bagaimana peningkatan kualitas organisasi Anda? Tiap karyawan, baik manajer hingga pelaksana punya kesadaran kualitas, berperan aktif untuk mengontrol kualitas dan mencapai kepuasan pelanggan internal serta eksternalnya.

 

Berapa kali Anda pusing kepala karena kesalahan kecil para rekan kerja yang kurang bertanggung jawab & kurang paham pentingnya konsep kualitas pribadi dan tidak berani memberikan jaminan atas pekerjannya? Akhirnya, dibina atau dibinasakan atau terseleksi oleh alam dengan sendirinya. Tidak akan bertahan lama, orang yang kurang bertanggung jawab tentang pentingnya kualitas pastinya akan punah dari perusahaan tersebut.

 

Berikut ini beberapa cara tepat meningkatkan kualitas diri Anda supaya tidak punah :

 

  1. Nilailah Diri Sendiri

Ada baiknya anda mengawali dengan menilai kinerja diri. Penilaian harus obyektif dan realistis. Jika kinerja belum maksimal, nilailah seperti itu. Ambil catatan kemudian tuliskan poin-poin tugas apa saja yang Anda hadapi di kantor. Lalu, tanyakan pada diri Anda, seberapa jauh mampu menangani poin-poin tersebut. Tanyakan juga apakah Anda menikmati tugas-tugas tersebut. Daftar singkat ini akan membantu Anda memperoleh gambaran utuh mengenai kinerja Anda sendiri.

 

  1. Terus Belajar

Ilmu di dalam dunia ini sangat luas, jadi banyak-banyaklah anda mencari ilmu dalam dunia Ilmu apapun bisa dipelajari dan semua yang anda pelajari tidak ternilai harganya.

 

  1. Tanggung Jawab

Meskipun berada dalam naungan sebuah perusahaan, Anda yang akan menentukan karir. Jadi, bertanggung jawablah dan pastikan bahwa Anda mengambil semua peluang untuk meningkatkan skill profesional anda.

 

  1. Jaga Kinerja

Selain bertanggung jawab, Anda juga harus menerapkan standar pribadi dalam mengerjakan tugas profesional. Standar inilah yang akan menentukan kualitas kerja. Jika memang merasa perlu, mintalah job atau tugas baru yang menantang namun tidak melebihi kemampuan anda.

 

  1. Jaga Hubungan Kerja

Meski tidak terkait langsung dengan skill, menjaga hubungan kerja dengan semua level merupakan salah satu strategi penting mengembangkan kemampuan. Berusahalah agar mampu bekerja dalam tim secara efektif karena dengan efektif akan mendorong Anda untuk mencapai keberhasilan.

 

  1. Ciptakan Jaringan

Sisihkan dulu urusan kantor, kini, saatnya bersosialisasi dan menciptakan jaringan di luar kantor. Anda bisa bergabung dengan komunitas profesional yang sesuai dengan pekerjaan dan tetap bisa meningkatkan kualitas kerja anda.

 

  1. Siapkan Masa Depan

Salah satu ciri pemenang adalah selalu selangkah di depan ketimbang kompetitornya. Cobalah berlatih membiasakan diri memiliki pemikiran selangkah di depan.

  1. Asah Terus Skill Anda

Saat ini banyak tawaran pelatihan atau kursus singkat untuk semua bidang profesi. Jangan ragu untuk mengikuti. Pengayaan skill ini sudah pasti menjadi poin tersendiri dalam menjalani karir Anda.

 

  1. Jangan lupakan Teknologi

Ada banyak sekali situs yang bisa Anda buka dan membantu meningkatkan skill Anda, entah lewat Google atau yang lainnya.

Chania
   29
 
gmbr
Cinque Terre

img img img img
img
img
www.000webhost.com