Cara Mengelola Keuangan Dengan Bijaksana
2558-Tips-Mengatur-Keuangan.jpg

Pada dasarnya manusia mempunyai kebutuhan yang seolah tidak ada habisnya. Jika kebutuhan primer/dasar (pangan, sandang, papan) telah terpenuhi maka ia akan punya kecenderungan untuk memenuhi kebutuhan sekundernya seperti pendidikan dan kesehatan bahkan terus meningkat sampai kebutuhan tersier/kemewahan seperti handphone mewah, motor baru atau bahkan mobil idaman.

 

Sehingga berapapun penghasilan seseorang, ternyata tidak menjamin bahwa semua tuntutan kehidupannya akan terpenuhi. Ada orang dengan pengahasilan 1 juta dia sudah cukup dengan kehidupannya yang sederhana, namun ada juga orang dengan penghasilah 10 juta namun dia asih keteteran karena gaya hidupnya yang konsumtif. Oleh karena itu, setiap orang perlu melakukan perencanaan keuangan yang baik.

 

Buat Perencanaan

Merencanakan pendapatan dan pengeluaran merupakan titik awal mengelola keuangan. Dengan perencanaan yang baik, kita dapat mengatur kebutuhan dan menentukan skala prioritas kebutuhan mana yang harus didahulukan untuk dipenuhi.  Tulis pos-pos rencana Pendapatan dan Pengeluaran dalam satu bulan.  Atur pengeluaran jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan.  Kebutuhan merupakan sesuatu yang harus dipenuhi. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang kita ‘ingin’ meskipun kadang tidak kita butuhkan.



Catat Pengeluaran harian

Mencatat pengeluaran secara detil dapat membantu kita untuk mengetahui mana pengeluaran yang memang perlu dan merupakan kebutuhan dan pengeluaran mana yang kurang perlu dan bisa dikesampingkan di hari kemudian.



Nabung

Menabung berfungsi untuk berjaga-jaga atas kebutuhan yang mendesak dan tidak terduga atau untuk kebutuhan yang sudah kita ketahui/rencanakan sebelumnya seperti istri melahirkan, membayar anak masuk sekolah atau yang lain. Ketika menabung lakukan di awal bulan, jangan menunggu sisa krn biasanya manusia sulit menahan diri utk tdk menghabiskan uan. Gunakan segala macam cara untuk dapat menabung : Lembaga Keuangan, celengan ayam, toples, asuransi, obligasi dll.  Jangan meremehkan uang receh, kata pepatah ”Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Bahkan dengan menabung secara rutin dan konsisten seorang tukang becak bisa menunaikan ibadah haji.
 

Chania
   71
 
gmbr
Cinque Terre

img img img img
img
img