Cara Menjadi Orang Sukses
8687-a-life-of-balance.jpg

Siapa diantara kita yang tidak ingin mejadi seorang yang sukses? Baik dalam dunia pekerjaan, keluarga, pertemanan dan lain sebagainya. Orang suskes sebenarnya memiliki kebiasaan yang justru tidak serumit yang dibayangkan. Kebiasaan sederhana yang sebenarnya orang biasapun bisa melakukannya. Dan apa sebenarnya kebiasaan orang – orang sukses itu yang bisa kita contoh dan kita jadikan panutan? Berikut ini beberapa hal yang patut kita lakukan:

 

1. Selalu berfikir realistis

Setiap orang sukses adalah orang yang objektif. Selalu berfikir mengenai sesuatu yang real (nyata) dan jelas, bukan sesuatu yang bersifat umum. Ketika ditanya mengenai gambaran masa depannya, dia dapat mendeskipsikan secara detail hal-hal apa yang ingin dicapainya. Seseorang yang ingin menjadi sukses banyak yang masih bingung ketika ditanya sukses yang seperti apa? punya banyak uang, punya mobil mewah atau punya sekedar punya istri yang cantik namun dengan hidup sederhana. Deskripsi yang detail mengenai gambaran masa depan akan memudahkan kita untuk membuat langkah-langkah yang kita lakukan untuk mencapainya.

 

2. Selalu tegas dan cekatan

Tegas dan cekatan, bukan hanya milik pasukan militer saja. Seorang yang sukses akan selalu bertindak tegas dan cekatan. Namun tetap diiringi dengan pemikiran yang matang dalam setiap langkah yang diambilnya. Jangan biarkan waktu dan sifat negatif seperti malas meracuni pikiran sehingga membuat kita tidak fokus. Pacu diri untuk menjadi lebih tegas dan cekatan dalam bertindak, tetapi dengan selalu memperhitungkan baik dan buruk setiap keputusan.

 

3. Fokus untuk produktif, bukan menjadi sibuk

Orang sukses bukanlah orang yang sibuk atau sok sibuk. Ini bukan berarti juga orang sukses tidak memiliki banyak pekerjaan sehingga tidak disebut orang sukses. Namun kesuksesan disini digambarkan dengan sebuah tindakan atau sikap yang produktif. Orang sukses selalu berusaha menjadi lebih produktif dari biasanya. Selalu berusaha mencari cara agar setiap target yang dibuat mampu tercapai tepat waktu dan dengan hasil yang maksimal. Ini berarti orang sukses adalah menjadi lebih produktif bukan menjadi lebih sibuk.

 

4. Tidak menuntut kesempurnaan

Orang yang sukses akan terus bekerja dan berusaha memperbaiki setiap kesalahan. Bukan hanya menuntut untuk menjadi lebih sempurna atau selalu sempurna. Tetapi bahkan jauh lebih baik dari itu, yaitu selalu menghasilkan yang terbaik dan dengan berbagai perbaikan dan pengembangan di berbagai aspeknya.

 

5. Berfikir lebih sederhana

Sukses bukan mengharuskan kita selalu berfikir lebih pintar dan lebih rumit dari orang lain. Berfikir lebih sederhana akan jauh lebih membuat kita nyaman dan mengerjakan sesuatu dengan lebih mudah. Cobalah untuk berfikir lebih sederhana dari setiap masalah yang kita hadapi. Cari setiap celah untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara yang lebih mudah dan nyaman kita lakukan.

 

8687-purpose_joy.jpg

6. Melakukan pengembangan tanpa henti

Apalagi yang harus dilakukan selain terus dan terus belajar memperbaiki kesalahan dan mengembangkan yang sudah ada. Lakukanlah pengembangan kepada setiap apa yang sudah kita miliki saat ini. Dengan begitu kita akan belajar dan tahu apa saja yang baru dan bisa kita tambahkan pada pekerjaan yang sedang dikerjakan. Jangan batasi setiap pengembangan dan perbaikan pekerjaan yang kita lakukan.

 

7. Belajar dari kesalahan

Ini yang terpenting, belajar dari kesalahan. Setiap orang sukses tidak ada yang tidak pernah gagal. Mereka pasti mengalami kegagalan, sekalipun itu hanya masalah rencana. Setiap kesalahan yang menimbulkan kegagalan adalah hal yang wajar dan harus kita pelajari, agar mampu memperbaikinya dikemudian hari. Jadikanlah setiap kegagalan sebagai jembatan kita menuju kesuksesan.

 

8. Menyeimbangkan kehidupan

Kebiasaan orang – orang sukses yang terakhir adalah menyeimbangkan kehidupan mereka. Pekerjaan, keluarga, teman, dan kehidupan pribadi haruslah terjalin secara seimbang. Ini akan menentukan baik buruknya kinerja kita dalam mencapai kesuksesan. Semua yang kita lakukan harus dilakukan secara baik dan seimbang. Jangan biarkan salah satu terlalu mendominasi, sehingga akan berpengaruh buruk pada yang lainnya.

Chania
   80
 
gmbr
Cinque Terre

img img img img
img
img