8 Cara menjadi pemimpin organisasi Hebat!
9144-er.png

Pemimpin adalah posisi yang banyak diharapkan manusia. Entah organisasi besar atau kecil, peran pemimpin sangat penting untuk kemajuan organisasi. Dari banyak orang yang ingin menjadi pemimpin, tak banyak yang mengetahui cara menjadi pemimpin yang baik dan benar, bahkan mencapai status pemimpin yang hebat

Sebagai seorang pemimpin, ataupun calon seorang pemimpin, seharusnya sudah siap menerima segala resiko berupa tanggungjawab yang besar. Harus tahu tentang manajemen organisasi, teknik pengambilan keputusan, memimpin rapat atau pertemuan, berkomunikasi dengan banyak orang dan masih banyak lagi. Dari semua kriteria itu, kali ini 
Tips Bermanfaat akan membahas mengenai tips menjadi seorang pemimpin yang hebat dalam organisasi.

1. Tahu keinginan anggota

Pemimpin pasti memiliki anggota ataupun crew. Nah sebagai seorang pemimpin haruslah mengerti keinginan anggotanya. Dari jumlah anggota kelompok, seorang pemimpin perlu mengetahui keinginan setiap anggota. Minimal sebagai calon pemimpin hebat bisa menebak walau tidak mewawancarainya secara langsung. Dengan mengetahui keinginan anggota, maka seorang pemimpin bisa menerka bagaimana tak tik yang harus diambil dalam menghadapi suatu masalah.

2. Selalu menerima saran

Dalam suatu organisasi pasti ada saat dimana diadakan pertemuan seperti rapat, sarasehan atau sekedar sharing. Dari situ seorang pemimpin bisa lebih dekat dengan anggotanya. Setelah hubungan antara pemimpin dan anggota menjadi lebih dekat, sebagai seorang anggota, mereka akan terbuka terhadap apa yang diperlukan oleh organisasi. Dari situ berbagai saran akan semakin sering meluncur ke telinga pemimpin. Dan dengan menerima saran adalah salah satu dari sifat bijak yang harus dimiliki pemimpin hebat. Terkadang saran ada yang bisa diterapkan ada yang tidak. Pemimpin harus tahu mana saran yang bisa diterapkan dan mana saran yang tidak bisa digunakan. Jika proses menerima saran terjadi secara tatap muka, maka harus disampaikan alasan kenapa menggunakan saran tersebut dan jika saran tidak digunakan harus ada alasan kenapa tidak menggunakan saran tersebut.

3. Bicara dengan tegas

 

pemimpin hebat
Pemimpin bicara harus tegas, image via http://people.howstuffworks.com/


Pemimpin harus memiliki ketegasan. Sebuah organisasi tidak membutuhkan seorang pemimpin yang biasa-biasa saja. Sebuah organisasi membutuhkan seorang yang memiliki ketegasan, termasuk dalam hal berbicara. Tentu sebelum berbicara haruslah berpikir dengan baik kata apa yang harus dikeluarkan dari mulut.

Bicara tegas itu tidak bertele-tele, tidak berbicara yang aneh nyleneh bahkan tak masuk akal. Juga harus berbicara sesuai porsinya. Jangan sampai ketika bersantai bersama anggota, malah cara bicara dibuat-buat seakan menunjukan inilah seorang pemimpin, terlalu menggurui, dalam berkomunikasi selalu ingin menang, menyela pembicaraan, bahkan setiap kata dibuat seakan dalam rapat formal. Pemimpin hebat tidak akan termakan oleh sifat emisionalnya. Mereka akan lebih sederhana dan rapi dalam mengolah kata-kata.

4. Berani dalam hal benar dan bertanggungjawab

pemimpin hebat
Pemimpin harus berani dan bertanggungjawab, image via http://www.notredameonline.com/


Sikap berani harus selalu dijunjung tinggi oleh pemimpin hebat. Tanpa rasa berani, pemimpin tidak akan mampu mempresentasikan kinerja organisasinya. Rasa berani harus selalu dipupuk dengan tidak takut segala sesuatu yang sudah jelas kebenarannya. Jika yang diyakini telah jelas maka tak ada alasan untuk takut melakukan sesuatu.

Jika terdapat permasalahan, maka  pemimpin harus berani mempertanggungjawabkan kinerja anggotanya. Karena beban berat keputusan organisasi ada ditangan seorang pemimpin. Maka dari itu berani dalam hal yang telah jelas benar dan bertanggungjawabkan segala keputusan.


 

5. Tidak menyalahkan anggota atas kinerja organisasi

pemimpin hebat
Pemimpin tidak mudah menyalahkan, image via http://www.9news.com.au/


Kesalahan itu wajar terjadi, termasuk juga dalam organisasi. Jika terdapat kesalahan dalam kinerja, seorang pemimpin hebat tidak akan menyalahkan anggotanya. Pemimpin hebat malah lebih memotivasi anggotanya untuk bekerja lebih baik.  Bukan malah marah dan menghukum anggota.

Baca juga : 
Sulit Turunkan Berat Badan? Nih ada 7 Tips Simple Buat Dipraktekin

6. Bisa merumuskan dan memberi kepastian

pemimpin hebat
Pemimpin pandai merumuskan dan memberi kepastian, image via http://www.villanovau.com/


Setiap organisasi memiliki program kerja. Dalam program kerja pasti ada yang namanya jadwal kegiatan. Jadwal kegiatan akan dirancang mulai dari pra, proses hingga paska. Nah pemimpin hebat akan mengetahui kapan harus mulai pra-kegiatan, proses kegiatan dan paska kegiatan. Setiap tahapan kegiatan juga terdapat beberapa keperluan yang harus disiapkan, maka pemimpin juga harus mengetahui itu, bahkan sebelum para kepala divisi atau koordinator mengusulkannya. Pemimpin hebat adalah perumus dan pemberi kepastian yang baik. Bukan sekedar perumus dan penyuruh yang handal.

7. Mengetahui alur birokrasi organisasi

pemimpin hebat
Pemimpin harus tahu birokrasi, image via http://media.townhall.com/


Namanya juga organisasi, pasti ada birokrasi. Sebagai seorang pemimpin, harus mengetahui alur jalannya birokrasi. Jangan sampai proposal pengajuan selalu tertunda karena proses revisi yang tak selesai-selesai.

8. Pemimpin hebat bukanlah boss

pemimpin hebat
Beda antara pemimpin dan boss, image via https://blog.bufferapp.com

Boss adalah orang yang hanya bisa menyuruh tanpa bertindak berarti untuk organisasi. Jangan jadi boss yang hanya melihat anak buahnya bekerja keras membangun organisasi. Jadilah pemimpin yang berguna sebagai panutan dan penunjuk arah mencapai jalan keluar.

 

Chania
   107
 
gmbr
Cinque Terre

img img img img
img
img