Cara Mengetahui Tahapan Seleksi CPNS 2018
2643-CPNS1.png

Seleksi CPNS adalah event yang sangat ditunggu-tunggu, apalagi buat para job seeker (pencari kerja) yang masih mondar-mandir ngelamar kesana kemari tetapi belum dapat pekerjaan. Pada tahun ini pemerintah akan segera membuka seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 untuk 238.015 formasi, yang terdiri dari 51.271 formasi untuk pemerintah pusat dan 186.744 adalah formasi untuk pemerintah daerah. Tentu hal ini adalah kabar yang sangat membahagiakan..apalagi dari beberapa tahun sebelumnya seleksi CPNS tidak kunjung dibuka.

 

Nah, sebelum ikut seleksi kita harus mengetahui apa saja tahapan dari seleksi CPNS 2018 ini, tentunya agar kita tidak salah langkah dalam melakukan persiapan diri. karena hanya peserta yang paling siaplah yang akan lolos seleksi CPNS.

 

Ada tiga tahapan seleksi yang harus dilalui oleh peserta tes CPNS 2018, berikut adalah tahapannya :

 

Tahapan CPNS 2018

 

Tahap pertama (1) Seleksi Administrasi

 

Pada seleksi CPNS 2018 ini semua pendaftaran akan dipusatkan di sscn.bkn.go.id, situs ini pasti akan menjadi trending dan biasanya akan mengalami kenaikan traffic yang sangat tinggi, oleh karenanya terkadang kita perlu mensiasati agar tetap bisa mengakses situs dengan membukannya dimalam hari atau bahkan dini hari.

 

Pada seleksi administrasi, kecocokan antara kriteria yang dibutuhkan dengan profile yang kita buat akan disortir, jika profile kita tidak sesuai maka dipastikan akan langsung ditolak, sebagai contoh formasi yang dibutuhkan adalah posisi Penata Muda Hukum dengan kualifikasi pendidikan Sarjana Hukum, namun kita melamar dengan sarjana teknik, maka secara profile kita akan langsung ditolak.

 

Yang paling sering terjadi adalah nilai IPK (Indek Prestasi Kumulatif) yang sering tidak sesuai dengan persyaratan minimal, contoh di persyaratkan minimal IPK 2.75 namun kita mendaftar dengan IPK 2.74 maka profile kita akan langsung ditolak, beberapa pelamar nekat memasukkan IPK 2.75 padahal secara dokumen IPK asli adalah 2.74, hal ini juga akan dicheck secara komperhensif.

 

Tahap kedua (2) Seleksi Kompetensi Dasar

 

Setelah lolos seleksi administrasi pelamar akan diundang untuk melakukan tes seleksi secara serentak diseluruh indonesia, pada tahun-tahun yang lalu, tes ini dilakukan dengan komputer atau sering disebut CBT (Computer Based Tes) yang dilakukan secara online, sehingga nilai akan langsung masuk ke server pusat milik BKN (Badan Kepegawaian Negara).

 

Tahapan Test Kompetensi Dasar

 

Pada tahap ini tes akan dilakukan dengan 3 (tiga) tes kompetensi dasar yaitu :

 

  1. Tes Wawasan Kebangsaan

Tes ini adalah tes pengetahuan umum mengenai negara Indonesia, meliputi Dasar-Dasar Negara (UUD 45 dan Pancasila), Lembaga-Lembaga Tinggi Negara, Peraturan-Peraturan Pemerintah dan hal-hal lain yang berhubungan dengan negara Indonesia.

 

  1. Tes Intelegensi Umum

Tes ini adalah tes kecerdasan umum untuk mengukur seberapa cerdas diri kita diukur dengan beberapa parameter tes, antara lain; logika, numerik, aritmetik, bangun ruang, verbal, non verbal dan lain-lain.

 

  1. Tes Karakteristik Pribadi

Tes ini digunakan untuk melihat seberapa baik pribadi yang kita miliki, atau seberapa cocok karakter pribadi kita dengan posisi yang kita lamar dilihat melalui pilihan-pilihan pernyataan yang telah disusun secara komperhensif untuk mengetahui karakter pribadi. Tes Tes Intelegensi Umum dan Tes Karakter Pribadi juga sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan swasta untuk melakukan seleksi penerimaan karyawan, sehingga lebih dikenal dengan psikotes.

 

Tahap ketiga (3) Seleksi Kompetensi Bidang

 

Pada tahap ini peserta seleksi CPNS akan diuji dengan soal-soal sesuai dengan bidang yang akan dituju, sebagai contoh jika bidang yang dituju adalah Hukum maka akan dites dengan soal-soal berkaitan dengan hukum. Jika bidang yang dituju adalah Guru maka akan dites dengan soal-soal berkaitan dengan keguruan.

 

Tahap ini adalah tahap terakhir dari seleksi CPNS namun pada tahap ini biasanya banyak yang akan berguguran, kenapa karena soal-soal pada tes ini akan sulit ditebak dan tidak banyak referensi di dunia maya yang membahas tes ini secara komperhensif. Maka kunci utama adalah persiapkan diri sebaik mungkin, jika kita sudah mempunyai keinginan untuk menjadi PNS maka tidak perlu menunggu gaung pengumuman CPNS untuk mulai mempersiapkan diri, semakin lama kita mempersiapkan diri semakin tajam diri kita untuk menembuh CPNS 2018.

 

Selamat mencoba..

Chania
   152
 
gmbr
Cinque Terre

img img img img
img
img