Cara Membuat SKCK Untuk Melamar Pekerjaan Swasta Maupun CPNS
8969-cara-membuat-skck.jpg

Ketika melamar pekerjaan biasa nya kita diminta untuk menyertakan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), nah... dalam pembuatan SKCK kita harus mengikuti prosedur pembuatan yang sudah ditetapkan oleh instansi kepolisian.

 

Terkadang proses yang seharusnya dapat dilakukan dalam waktu yang singkat menjadi lama, dikarenakan ketidak tahuan dalam pembuatan SKCK, biasanya pencari SKCK akan bolak-balik lebih dari 1x dikarenakan kurangnya persyaratan  yang dibawa ketika melakukan proses pembuatan. Nah pada kesempatan kali ini kami akan sedikit memberikan informasi dalam pembuatan SKCK, agar pembaca sekalian bisa langsung menjalani proses pembuatan tanpa menemui kendala.

 

Proses pembuatan ini diambil dari prosedure yang berlaku di Kabupaten Magelang, pada daerah yang lain biasanya akan mirip atau jika terdapat perbedaan tidak akan terlalu signifikan. Selamat membaca semoga bermanfaat.

 

Pertama, untuk membuat SKCK kita harus meminta surat pengantar terlebih dahulu dari kelurahan (kantor lurah) domisili tinggal kita sesuai KTP yang kita miliki, disini kita diminta untuk mengisi  blanko (form) atau jika petugas kelurahan sedang longgar, dia akan mengisikan blanko (form) untuk kita. Kemudian form tersebut akan ditandatangani oleh Kepala Kelurahan dan dibubuhi stampel.

 

Kedua, surat pengantar yang sudah kita dapatkan harus kita fotokopy terlebih dahulu, kemudian fotokopi  tersebut  kita serahkan ke polsek terdekat beserta 1 lembar pas foto ukuran 4x6 berwarna, dengan background bebas,  dalam waktu beberapa menit, kita akan mendapatkan surat pengantar dari kapolsek untuk dibawa ke Polres.

 

Ketiga, kita harus pergi ke Polres dengan membawa (1) surat pengantar asli dari kelurahan, (2) pengantar dari kapolsek dan (3) membawa foto berwarna dengan background warna merah sebanyak 4 lembar.

 

Keempat, syarat lain yang harus kita miliki adalah surat identifikasi sidik jari, sehingga ketika kita sudah sampai di Polres kita sebaiknya menuju bagian sidik jari terlebih dahulu, dengan mengambil form di petugas dan mengisi formulir untuk sidik jari terlebih dahulu, form tersebut kemudian kita serahkan kepada petugas sidik jari beserta foto 4x6 dengan background merah sejumlah 1 lembar, di bagian ini kita akan diambil pattern sidik jari oleh petugas.

 

Kelima, setelah kita mendapatkan hasil dari sidik jari, kita bisa langsung menuju bagian Pembuatan  SKCK. Disana kita akan diminta untuk mengisi formulir yang sudah disediakan, setelah  kita isi formulir tersebut, kita serahkan ke petugas beserta syarat-syarat yang lain yaiitu:

 

  1. Pengantar dari desa,
  2. Pengantar dari kapolsek,
  3. From sidik jari dan
  4. Pas foto ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar dengan background berwarna merah.

 

Keenam, proses selanjutnya adalah menunggu proses pembuatan SKCK,  dalam waktu seperempat jam kita kan dipanggill untuk mengambil SKCK kita yang sudah jadi, dibagian ini kita diminta membayar uang pembuatan sebesar Rp. 30.000,-(tiga puluh ribu rupiah)

 

Ketujuh, bila kita ingin melamar pekerjaan tidak hanya ke satu Perusahaan, sebaiknya kita perbanyak SKCK yang sudah kita miliki dan melakukan legalisir untuk membuktikan keaslian dari foto kopi SKCK, kita dapat memfotokopi SKCK tersebut dan kita serahkan kembali kepada petugas untuk dibubuhi paraf dan stampel

 

Nah, sampai disini proses pembuatan SKCK sudah selesai, perjuangan selanjutnya adalah kemana SKCK ini akan kita serahkan (untuk melamar kerja) hehehehe...selamat berjuang, sukses untuk kita semua !!

 

 

Chania
   55
 
gmbr
Cinque Terre

img img img img
img
img